5 Kriteria dan Tips Untuk Mendapatkan Tampilan Hunian Mewah

Setiap individu mempunyai definisi tersendiri mengenai kemewahan sesuai dengan rentang waktu, lokasi dan budaya setempat. Pada umumnya definisi luxury itu sendiri adalah mengeluarkan lebih dari apa yang dibutuhkan untuk merasakan suasana yang lebih nyaman, aman, menyenangkan, mewah dan bergaya. Luxury itu sendiri sering kali dijadikan simbol kemakmuran bagi pemiliknya.

Pada abad pertengahan di Eropa misalnya, rumah tinggal yang mewah adalah rumah tinggal yang mempunyai lahan yang luas baik skala bangunan maupun tamannya dan penataan interiornya senantiasa dijadikan simbol budaya dan kreativitas pada masa itu. Seiring dengan perubahan peradaban dan tekonologi dimana manusia sudah mulai sadar ancaman Global Warming dan kondisi ekonomi dunia yang tidak menentu.

Pada masa kini, Luxury Homes meliputi 5S yaitu Synchronize, Sleek, Spacious, Scenery and Safety.

5-Kriteria-Luxury-Homes-02

Synchronize (Keserasian)

Kemewahan yang sesungguhnya terletak pada keserasian antara ruang luar dengan ruang dalam dan juga keserasian terhadap lingkungan sekelilingnya.

TIPS:

Gunakan material bahan bangunan yang sesuai dengan tema desain. Misalnya pada gaya bangunan tropis sebaiknya menggunakan material organic seperti batu alam, kayu dan lantai parket.
Perhatikan kondisi lingkungan sekitarnya. Sebaiknya bangunan mewah berada pada zona perumahan mewah juga, dan tidak menyatu dengan keramaian dan kesibukan kota.
Desain interior sesuai dengan desain eksterior bangunan agar tema bangunan secara keseluruhan berkaitan satu sama lain. Rumah tinggal minimalis tidak akan terasa mewah jika interiornya menggunakan gaya klasik, Rumah modern tropis sebaiknya menjauhi gaya interior Art Deco atau Mediterranean.
5-Kriteria-Luxury-Homes-03

Sleek (Kerapihan)

Ciri khas rumah tinggal mewah masa kini ini adalah tertata dengan rapih, tampil bersih dan bergaya modern dengan mengurangi symbol-simbol mistis tetapi tetap memperhatikan detail-detail pada penggunaan material. Sehingga penampilan ruang dalam maupun luar menjadi lebih baik. Segala sesuatu yang tampil baik di dalam maupun luar ruangan harus ada arti dan kegunaannya masing2 bagi penghuni maupun pengunjung.

Penggunaan teknologi mutakhir meliputi High Speed Internet Access, Home Entertainment, Indoor/Outdoor Lighting, Air Conditioning dan Security System juga dapat menunjang kerapihan dan meningkatkan kenyamanan rumah. Detail sambungan terpasang dan tertata dengan baik juga bisa menjadi salah satu faktor. Oleh karena itu dibutuhkan sentuhan craftsmanship yang baik juga. Memiliki identitas desain yang berbeda dibandingkan dengan bangunan rumah tinggal mewah lainya. Misalnya dengan desain atap yang unik atau aksen pada eksterior bangunan.

5-Kriteria-Luxury-Homes-04

Spacious (Keleluasaan)

Rumah tinggal yang nyaman adalah rumah tinggal yang dapat mengakomodir segala kebutuhan, minat dan aktivitas penghuninya. Sedangkan rumah tinggal mewah adalah rumah tinggal yang dapat memberikan nilai lebih pada pengalaman ruang. Oleh karena itu pembagian zona public, semi-public, private dan service menjadi aspek yang harus diperhitungkan dalam mendesain Luxury Homes.

TIPS:

Lahan yang luas adalah simbol dari kemewahan suatu rumah tinggal. Jarak antara gerbang utama dengan rumah tinggal sebaiknya diberikan jarak yang cukup jauh, agar pengunjung dapat melihat bangunan secara utuh dari kejauhan sebelum tiba di halaman rumah.
Langit-langit yang tinggi pada ruang penerima tamu atau main entrance akan menambah kesan megah. Beberapa rumah mewah dengan gaya desain interior klasik menggunakan pilar-pliar sebagai simbol kemegahan dan kekuasaan.
Penghuni sebuah rumah mempunyai tingkatanya masing-masing sesuai dengan peran dan aktivitas mereka sehari-hari oleh karena itu jalur sirkulasinya akan berbeda. Penataan dan peralihan ruang yang baik dan cukup luas akan menjadikan anggota keluarga nyaman berada dalam rumah.
Ukuran dan bentuk ruang serta furniture yang sesuai dapat menunjang pergantian aliran udara, pencahayaan alami, buffer untuk meredam kebisingan jalanan dan interaksi sosial antar anggota keluarga.
Arsitektur-Nyaman-dan-Mewah-Hunian-Modern-171

Scenery (Pemandangan Indah)

Rumah mewah dapat dengan mudah ditemukan, namun tidak semuanya mempunyai pemandangan indah. Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor lokasi adalah penentu kualitas dan kemewahan suatu rumah tinggal. Lokasi yang strategis dan pemandangan indah akan senantiasa memberikan ketenangan dan kenikmatan bagi penghuninya. Selain landed house, apartment penthouse yang berada dilantai paling atas gedung pencakar langit dengan pemandangan indah juga dapat dikategorikan ke dalam Luxury Homes.

TIPS mendapatkan pemandangan indah untuk hunian Anda:

Berikan bukaan yang cukup luas pada arah pemandangan yang terbaik.
Sebaiknya bangunan tidak berdempetan dengan tetangga, agar setiap sisi bangunan memiliki pemandangannya masing-masing. Semakin tidak berdempetan dengan tetangga sebelahnya, akan semakin mewah juga penampilan bangunan.
Pemilihan variasi vegetasi pada landscape yang tepat dan meningkatkan keindahan suasana eksterior bangunan, namun harap diperhatikan penempatanya agar tidak menghalangi pemandangan utama.
5-Kriteria-Luxury-Homes-08

Safety (Keamanan)

Kenyamanan yang sesungguhnya hanya akan terasa jika ditunjang oleh keamanan yang baik. Sayangnya faktor keamananlah yang sering tidak mendapat perhatian lebih dibandingkan dengan faktor estestis sebuah rumah tinggal. Kemanan suatu rumah tinggal terdiri dari 2 macam, yaitu aman terhadap gangguan makhluk hidup dan aman terhadap gangguan cuaca dan bencana alam.

TIPS:

Pengamanan pada 3 titik utama, yaitu pagar depan, fa├žade depan dan halaman belakang. Pada wilayah ini sebaiknya menggunakan teralis besi pada pintu dan jendela.
Pagar pembatas yang cukup tinggi pada sekeliling lahan/bangunan agar binatang buas tidak dapat masuk dengan mudah.
Penggunaan teknologi keamanan mutakhir seperti access card, CCTV dan alarm juga dapat memperkuat keamanan lingkungan rumah.
Struktur dan konstruksi yang kokoh berperan dalam menentukan keamanan dan kemewahan sebuah bangunan.
Basement adalah salah satu alternatif tempat perlindungan untuk bangunan yang ada pada lokasi rawan angin putting beliung.
Untuk menghindari banjir, ketinggian lantai dasar sebaiknya diberikan ketinggian 1 m -1.5 m lebih tinggi dari jalan utama.

Sumber

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *